Bapa, Mama dan Anak

Ada satu hal yang menjadi kebiasaan atau mungkin sudah tradisi bagi Suku Kamoro. Selain Senyum dan Ucapan selamat saat bertemu seseorang, panggilan Bapa, Mama atau Anak sering terdengar.

Ketika Saya berkunjung ke Kaokanao, salah satu pemukiman di daerah pesisir yang merupakan pemukiman suku Kamoro. Lelaki yang sudah tua dipanggil Bapa, Perempuan tua disapa Mama dan anak-anak muda maupun anak-anak dipanggil Anak. Tapi kalau anak kecil memanggil orang muda dengan sebutan Om.

Saya mendapat kehormatan dipanggil Anak :D . tentunya yang memanggil
seperti itu yah bapa-bapa atau mama-mama, kalau usianya dibawah saya, ya memanggilnya OM :D . Memang agak lain terdengar ketika saya dipanggil Anak, biasanya Emak atau
Bapak memanggil saya Le’ bahkan dengan nama langsung.

Tapi apapun panggilan semua itu tetap sopan tidak seperti di pasar atau di Timika Kota, memanggil orang yang tak dikenalnya dengan panggilan Oiiii… atau Sssst…. Eh eh, Benar-benar tidak sopan dan tak tahu aturan. Minimal kalau tak kenal kan bisa dengan sebutan Om atau Pak bahkan Mas :D

About these ads

2 thoughts on “Bapa, Mama dan Anak

  1. sapi

    Tapi apapun panggilan semua itu tetap sopan tidak seperti di pasar atau di Timika Kota, memanggil orang yang tak dikenalnya dengan panggilan Oiiii… atau Sssst…. Eh eh, Benar-benar tidak sopan dan tak tahu aturan.

    Lhoo ? mungkin memang aturan dan tata kesopanannya begitu om ?

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s