Arterakine, obat malaria pengganti Duo-Cotexcin

Berabad-abad  yang lalu, saya pernah menulis mengenai obat malaria terbaru yang namanya Duo-Cotexcin. Banyak pertanyaan baik yang di tulis di kolom komentar maupun via email.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diantaranya : Duo-Cotexcin dapat di beli dimana? apakah obat ini bisa menyembuhkan malaria?

Duo-Cotexcin hanya tersedia di puskesmas maupun rumah sakit di Timika, Kabupaten Mimika yaitu Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Puskesmas Timika, Puskesmas SP 2, RS Waa-Banti dan Puskesmas Kwamki Lama (kalo nga salah :) ).

Duo Cotexcin tidak diperjualbelikan karena masih dibawah penelitian, dan saat ini Duo Cetexcin sudah tidak ada lagi sebagai gantinya yaitu ARTERAKINE. Bahan Obat dan khasiatnya sama, hanya beda nama dagangnya saja dan tersedia di tempat-tempat yg sudah saya sebutkan tadi.

Dua minggu lalu saya terserang malaria Tropika plus 4 dan istri plus 2.  Kami berobat di RSMM dan diberi ARTERAKINE dengan dosis 4 x 1 selama 3 hari ditambah pil primaquin 3 butir minum pagi hari. Menurut kawan saya yang seorang peneliti malaria dosis obat tersebut tergantung berat badan pasien.

Tiga hari kemudian setelah minum ARTERAKINE, malaria langsung lewat. Obat ini dapat menyembuhkan Malaria Tropika maupun Tertiana.

CATATAN: ARTERAKINE hanya ada di puskesmas dan RS tertentu dan belum di jual bebas.

uah akhirnya ngeblog juga setelah off beratus tahun lamanya :)

About these ads

50 thoughts on “Arterakine, obat malaria pengganti Duo-Cotexcin

  1. Amiruddin

    Apakah anda tahu,ada obat malaria untuk penderita di sulawesi selatan..Ada teman saya kena malaria dari timika tapi sekarang kambuh dan ada di sul-sel?
    Apa anda bisa bantu saya dapat obat malaria tropica plus 3??Tolong saya..

    Balas
  2. Meno Timika

    @Amiruddin: sepanjang yang saya tahu obat malaria yaitu: Primaquine, cloroquine, kina. kalo anda di timika baru bisa dapat arterakine. malaria plus 1 ato 2, 3, 4…. obatnya sama hanya dosisnya saja yang beda.

    kalo tidak dapat obat malaria, coba minum yang pahit2 seperti: air daun pepaya atau air rebusan sambiloto.

    semoga membantu.

    Balas
  3. nugroho

    Meno, tulisannya bagus deh. Kalau ada mau jawab pertanyaan tapi kurang data autawa bahan, bisa kirim itu pertanyaan ke meno di AY Kntr 1.

    Balas
  4. Sari,MD

    Yup yup..kalo dilihat isinya,gada beda komposisi.tapi di etiket obat,gada dosis jelasnya per kg.cuman diminum berdasar usia aja untuk arterakin.trus yang paling bikin tanda tanya,cara minumnya kok hari pertama dibagi 2 dosis.seingatku neh duo (dan dari buku text,net..artesunat)..tuh minum single dose..nah gimana neh..

    Balas
    1. kan Penulis Tulisan

      di dosnya aturan pakai berdasarkan usia, tapi pengalaman yg ada nga efektif sebaiknya diberikan berdasarkan berat badan. itu lebih mantav

      Balas
    1. rina

      mohon info dimana saya bisa mendapatkan obat malaria arterakine, apakah di jakarta ada atau hanya di jual di papua?
      satu bulan yg lalu teman saya terkena malaria setelah bertugas di papua, dan di rawat di rumah sakit, tetapi hanya di beri kina dan primaquin, hari ini, tepat 30 hari kambuh lagi

      terima kasih

      Balas
  5. cak phi

    salam kenal,

    mau tanya. saya pernah kena malaria, di ujung kulon.
    minggu depan saya mau kesana lagi. pertanyaan saya :
    - denger2 malaria itu tidak bisa hilang, sekali kena, virusnya tetap ada di dalam tubuh kita. apakah benar..?
    - jika sudah pernah kena malaria, trus ke daerah endemi lagi, apakah langsung secara otomatis kambuh..?
    - resiko kena malaria lebih tinggi mana, yang belum kena apa yang sudah pernah kena, jiak kita ke daerah malaria.
    - obat untuk pencegahan jika mau ke daerah, yg bagus obat apa..? yg saya tahu pil kina dan reshochin. ada masukan obat lain..?

    thanks, di tunggu masukkannya.

    hanafi

    Balas
  6. kan Penulis Tulisan

    @All : Obat Malaria Ini sementara hanya ada di Timika, masih dibawah penelitian sehingga belum ada di daerah lain (setahu saya begitu).

    Thanks dah berkunjung ke blogku, dan maaf baru dijawab :)

    Balas
    1. Sisri Rani

      Smga y kna malaria dpt ktu sm obatnya…..

      Saat ni smlaman q g tdur nungguin suamiq y lg kmbuh malarianya,,,smlam gnti bj 5x krn kringat dngin kluar trus,,,,,,dah minum fansidar g jg breaksi

      Balas
  7. Sinta

    Kenapa arterakine ada’a d puskesmas n RS tertentu saja..Kenapa d apotik2 lain 9ak ada.Klo Qu tin99al d jakarta nyari’a dmn??
    Ko susah b9t cie nyari’a..

    Balas
  8. nina

    obat malaria ga dijual bebas, karena takut disalahgunakan serta untuk menghindari efek samping yg tdk diinginkan. Setahuq, semua puskesmas menyediakan obat malaria, tp obat2 dasarnya aza. Ex: kloroquin, kinin, primaquin & doksisiklin. Apalg puskes2 yg ada didekat ‘hutan’, mereka wajib punya obat itu. Biasanya apotek Kimia Farma menyediakan obat yg ‘lebih lengkap’.

    Balas
  9. nina

    @ sinta: kalo dipuskesmas ga ada, coba kamu telpon dinas kesehatan yg ada dt4 kamu. Biasanya mereka punya pemegang ‘program malaria’, dan insyaAllah mereka pasti punya obatnya. Trus tanyakan dimana atau di puskes mana ngambil obatnya, dan jangan lupa seandainya kambuh lg apakah ngambil obatnya dt4 yg sama.

    Balas
  10. ecobain

    gan mw nanya nich….
    sy dah 3bln kena malaria nich….
    selama 3 bln itu kambuh2an trus….
    yg sy mw tanyakan ap virus malaria itu g bs hilang????
    sy kemaren pake obat fansidar, coartem, & septrin.
    tlng infoxa

    Balas
  11. salvi

    Malaria tdk semua bisa kambuh…Malaria tropika lebih ganas, tapi sekali diobati sampai tuntas tdk akan kambuh lg, kecuali nyamuk yang infektif (ada p.falciparumnya)gigit lagi. Klo malaria tertiana, tdk seganas tropika yg banyak mengakibatkan kematian, tpi krn ada fase ekstraeritrosit (di dalam hati), dia “dorman” alias “tidur” dihati situ..makanya kalo seseorang kecapaian, trus ada p.vivaks(penyebab tertiana) di hatinya, bisa kambuh lg..di papua dari 4 jenis, yg biasa ditemukan cuma 2, tertiana sama tropika..itu yg sy tahu..skrng pengobatan first line yg dipakai kayaknya arterakine, tapi sepertinya ada pengobatan kombinasi lg..teman2 di medis yg lebih tahu..

    Balas
  12. made

    Apakah temen2 ada yang tahu tentang perkembangan ketersediaan arterakin sekarang apakah masih terbatas di daerah endemis malaria?? atau sudahkah bisa diakses di daerah-daerah lain di indonesia

    Balas
    1. andy

      anak saya usia 2 tahun sampai 4 tahun kena malaria tropika sekali dan vivax yg berulang sampai 4 x. terkahir saya beri arterakine (terbaik) yg didapat di dirjen malaria di departemen kesehatan pusat RI. minta sebanyak2nya, gratis, karena ini adalah obat bantuan dari WHO. semoga membantu.

      Balas
  13. rangkayo

    Sy mau menawarkan obat malaria ARTERAKINE dg harga Rp. 800.000,-/pak blm termasuk ppn 10% dan ongkos kirim.
    stok yg ada saat ini tinggal 50 pak dan msh bisa continue. 1 Pak = 40 kaplet.
    Bagi yg membthkan silahkan kontek saya via email ini.

    rangkayo

    Balas
    1. kan Penulis Tulisan

      Kok Arterakine dijual ya… di tempat saya gratis… itu obat bantuan dr WHO dan ada yang dibeli dari APBN dan APBD.

      Balas
  14. riza

    aq dah beulang kali malaria. dalam waktu 9 bl terakhir 4 kali malarianya kambuh.. bahkan yang 2 minggu yll aku kambuh lagi.. dikasih arterakine dosis 3btr 3 hari.. berturut2 e.. seminggu kemudian kambuh lagi.. trus di kasih 4 btr selama untuk 3 hari.. tapi kondisi ku msh blm stabil.. pa harus di kombinasi dengan primaquin ya??kok kayak gak mempan buat aku arterakine nya ya? aku berdomisili di rengat riau yang juga merupakan daerah endemik malaria.. tapi arterakine baru akhir2 ini adanya.. sebelumnya di kasih kloroquin + primaquin.. balas dong? ku tanya ke dokternya kayak nya mereka juga bilang ini obat baru.. kayaknya kurang informasi gitu??

    Balas
    1. andy

      waduh, kok bisa, klo kambuh iya tapi gak secepat itu. karena setahu saya di dalam arterakine mengandung artemesinin dan piperaquin. setelah menyembuhkan, obat tetap dalam darah untuk 1-2 bulan mencegah gigitan berulang. sedangkan primaquin wajib diberikan untuk membasmi sisa bibit di hati, diminum selama 14 hari untuk vivax dan 1 hari untuk tropika.

      Balas
  15. kan Penulis Tulisan

    @ALL : Thanks sudah berkunjung ke blogku. maaf tidak pernah membalas komentar yang masuk.

    @Andy: Wah dah pakar malaria ya jadi lebih paham :)

    @Riza : Arterakin diberikan sesuai dengan berat badan, cthnya berat badab 64 kg, diberi 3 butir/hari selama 3 hari. Sedangkan primaquin diberikan kepada pasien yang kena malaria tersiana sperti dijelaskan komenya bung andy.

    kalo kena malaria tertiana, arterakine 3 hari, sedangkan primaquin 14 hari biasanya diminum setiap malam.

    Arterakine memang obat malaria yang baru, dulu namanya duo cotexcin bahannya sih sama beda nama saja. nah di Timika sekarang ada obat baru lagi namanya DARPLEX (td br ikut launching), sama sj sih beda nama dagang saja.

    Pengalaman saya setelah minum arterakine ato duo cotecxin, nanti 6 bln ato 1 tahun kemudian baru bisa kena malaria, itupun kalau kondisi badan drop tidak segera diatasi dgn minum vitamin.

    Sebaiknya jaga kesehatan, Malaria nga bisa sepenuhnya hilang dalam badan. jika sdh pernah kena malaria, trus digigit nyamuk anoples dan badan lg nga fit, selamat Anda pasti kambuh lg.

    kalao positif malaria, minta jg ke dokternya selain obat malaria, vitamin utk tambah darah.

    Balas
    1. andy

      iya saya dendam sama malaria, putri saya 4 tahun kena malaria sejak usia 1 stengah tahun. total sudah 7 kali malaria (6 vivax dan 1 tropika). sekarang rumah sudah ditutup dengan kasa nyamuk seluruhnya plus lotion anti nyamuk (bahan alami). terkahir kena lagi vivax bulan september kemarin sejak interval 6 bulan sebelumnya menggunakan arterakine dan primaquin. makin lama makin kuat fisiknya jadi efeknya sudah terlalu parah. sekarang terapi ramuan alami tradisional agar kebal.

      Balas
  16. riza

    thanks ya mas @andi n mbak or mas @Kan.. sekarang aq masih minum primaquin. nya.. info ini juga ku teruskan ke dokter yang merawat ku Kebetulan kakak ku.. dia akhirnya sampe sharing ma temannya sesama dokter waktu tugas di belitong dulu.. infonya sama dengan @kan.. but baru lagi nih info nya kalo primaquin sebaiknya diminum malam.. karena aku di anjurkan minum nya di jam yang sama aja.. kebetulan minum pertama pagi sehabis sarapan dan selanjutnya ku lanjutkan sesuai jam nya aja selama 14 hari..semoga jangan pernah kambuh2 lagi deh..kebetulan aq teserang vivax terus selama ini yang katanya bandel….. aku juga dendamnya sama dengan mas andy… dendaaaam banget dengan malaria… makasih banget dah di bales..

    Balas
  17. riza

    @kan n andy.. Ada lagi nih.. saking seringnya aku terkena malaria.. sampai malu minta izin di kantor.. jadi banyak masukan dari temen2 dan sebagian masyarakat, katanya gak boleh makan buah yang asam2(mangga, jeruk, kedondong, duku, pisang dll), pulut, ketimun.. apa ada penelitiannya ya??? (malu juga sih nanyanya :))..kebetulan.. waktu abis makan goreng pisang, kambuh malarianya.. dan terakhir karena aku abis makan mangga malarinya juga kambuh.. percaya gak percaya kadang jadinya percaya juga… masalahny bab jadi susah karena gak makan buah..n sariawan pada tumbuh…

    Balas
  18. g1f007033

    saya ada rencana ingin meneliti kemanjuran obat malaria di jawa tengah, melihat komentar dari teman2 semua saya jadi semakin bersemangat, kalo ada dokter/juru malaria boleh bertukar email/no.hp, saya ingin berdiskusi, matur nuwun..

    Balas
  19. riza

    @mas Andi n kan.. Saya sampe frustasi nih… 7 April 2012 Saya terserang malaria lagi.jadi kurang lebih 5 bulan dari serangan malaria sebelumnya.. jadi totalnya dalam kurun waktu 14 bulan aku terserang malaria 5 kali.. selalu vivax..yang ku ingat.. arterakin udah 3periode .. di gunakan dalam serangan ter akhir.. apa ada pengaruh obatnya ke mata kali ya.. aku suka mual kalo liat tv or laptop atau suka pusing kalo liat dekat n jauh, kayak gak stabil gitu pandangannya..
    Dan ternyata tiap kali serangan malaria datang.. lebih hebat dari sebelumnya.. walau obatnya dah habis semua.. kondisiku msh belum stabil sampai sekarang.. badanku suka berat dan lemes..tiba2 drop lagi.. aku udah kombinasikan juga sama herbal.. vitamin dan penguat imun tubuh..
    Sampai aku pikir kayaknya kuman malarianya udah gak mempan sama obat2an yag ku makan.. ada alternatif gak ya.. kemana aku harus berobat.. cek darah atau apa ya?? dimana tempat pengobatannya?? apa lagi alternatifnya kira2 ya..?? aku sampe takuuuut nih… sarannya dong.. trims ya…

    Balas
  20. andy

    jalan terbaik sebaiknya coba konsultasikan ke dokter spesialis sub bidang penyakit tropika dan malaria. klo di jkt ada beberapa. bisa cek/tlp di RS terkenal untuk reservasi dokter bersangkutan.

    Balas
  21. shafirarabbani

    Terimakasih atas Info dari semua kawan kawan…. saya juga penyandang malaria … Bulan februari kemarin saya terkena malaria vivax…… di terapi klorokuin… dan ternyata kemarin tanggal 1 mei kemarin saya kambuh lagi…. ternyata malaria saya resisten terhadap klorokuin…. dan saya cari obat arterakine…. udah dapet tapi masih bingung cara minumnya…… mohon infonyaa//??? apa diminum pas sehat atau nunggu kambuh dulu ya…. thanks infonya..

    Balas
  22. andy

    updated malaria vivax putri saya desember kemarin genap 8x malaria vivax. sekarang lagi coba tahitian noni alias ekstrak buah mengkudu, konon banyak kesaksian ampuh untuk malaria… amin

    Balas
  23. jimmy

    saya br tgl dtimika slama 3 minggu dan lngsung terkena tropica +1. Saya sdh minum kina 6 butir selama 1 mlm, tp blm ada perubahan. Tolong kasih solusi ?

    Balas
  24. radit

    teman2 yang ada malarianx sya punx info tentang obat malaria
    teman2 bs membeli coartem 4 strep trz danalgin 1 streap trz primaquine 3 tablet ajha and jngan lupa antibiotiknx yaitu siclidon capsule..insya teman2 cpt sembuh.

    Balas
    1. andy

      Terapi jus ekstrak buah mengkudu, 2x sehari ,15ml. sudah berjalan 8 bulan sejak malaria terakhir. Tidak pernah kambuh lagi dan tidak pernah sakit. Batuk pilek paling lama 2 hari langsung sembuh tanpa obat. Demikian kesaksian saya, mudah2an berguna buat yg lain. Akhirnya anak sy bebas dari malaria kambuhan. Sekarang sdh masuk SD bangun jam 6 pulang jam 1, pun tidak loyo. Horee

      Balas
    1. Hardi

      Saya tinggal di Daerah Subang – Jawa barat (tepatnya di Pamanukan), Malaria saya kambuh lagi, saya bingung nyari obatnya kemana, berobat ke mantri malah dikasih obat tipes katanya gejala tipes, tapi minum obat tipes bukannya sembuh malah makin sering kambuh, sekarang hampir tiap bulan penyakit saya ini kambuh. mohon info obat malaria tretiana, dosis minunya juga, makasih buat yang udah ngasih info.

      Balas
  25. malik anstrong

    aku barusan kena malaria tertiana +1 setiap ahir tahun aku kena malaria dapat resep dr dokter obat Darplex tp cari di apotik se manokwari gak dapat.kl aku kena malaria pasti lambungku juga kena.tlng ada solusi buat lambung dan malaria.di mn saya dapatkan Darplex..

    Balas
  26. IBU WATI

    amin ya allah puji syukur
    saya menang lagi 300jt
    4d 2971 ini semua bantuan
    ki santanu sudah 2kali
    putaran berturut-turut saya
    menang hutang2 suami
    saya semua pada lunas
    sekali lagi terimah kasih
    banyak ki santanu bagi swdrh2
    perlu bantuan tlp ki santanu
    082317877775
    kisah nyata dari saya IBU RAHMA
    yang punya room terima kasih atas
    tumpangannya semoga sukses selalu

    Balas
  27. caleb

    Arterakine Dan darplex Ada dijual di timika.perbutir 15 ribu,,kalo yang berat badan 80 kg,konsumsi 4 butir,selama 3 hari ditambah primaquin sesuai jenis malarianya, kalo di luar timika yg butuh bisa email ke saya,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s