Vietnam Sebut Timnas Indonesia Tak Punya Gaya Bermain Jelas

by -51 Views
Duel gelandang timnas Indonesia Marselino Ferdinan dengan pemain timnas Vietnam Nguyen Hoang Duc pada laga semifinal Piala AFF 2022 di Stadion GBK, Jakarta, pada 6 Februari 2023.(AFP/BAY ISMOYO)
banner 468x60

KOMPAS.com – Kapten Vietnam, Do Hung Dung, menyebut timnas Indonesia tidak mempunyai gaya bermain yang jelas dan tak terkoordinasi dengan baik. Timnas Indonesia bakal bersua dengan Vietnam dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuad berjulukan Garuda itu bakal menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (21/3/2024). Selanjutnya, giliran timnas Indonesia yang bertandang ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh pada Selasa (26/3/2024).

Pemain Vietnam, Do Hung Dung, mengungkapkan, timnas Indonesia kerap mengandalkan fisik karena didukung dengan pemain naturalisasi. Secara keseluruhan, Shin Tae-yong memanggil sepuluh pemain naturalisasi timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Pemain-pemain naturalisasi di kubu timnas Indonesia, yakni Nathan Tjoe-A-On, Jordi Amat, Sandy Walsh, Justin Hubner, Thom Haye, Jay Idzes, Marc Klok, Ivar Jenner, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick. “Saya rasa Indonesia berusaha mengarahkan Vietnam ke gaya bermain yang lebih berorientasi pada kekuatan,” kata Do Hung Dung, dikutip dari Soha.

banner 336x280

“Timnas Indonesia lebih mengandalkan fisik karena mereka mempunyai cukup banyak pemain naturalisasi dari Eropa.” Menurut Do Hung Dung, keterbatasan menjalin kekompakan para pemain naturalisasi timnas Indonesia membuat skuad Garuda tak memiliki gaya bermain jelas.

“Tentu saja, gaya permainan seperti ini sangat melelahkan, tetapi sebaliknya mereka hanya memiliki sedikit waktu berlatih dan bertanding satu sama lain,” ucap dia. “Oleh sebab itu, timnas Indonesia bukan tim yang terkoordinasi dengan baik atau memiliki gaya bermain jelas,” ungkapnya.

“Fakta bahwa mereka menggunakan kekuatan fisik dan mental saat bermain di kandang bakal menyulitkan kami,” imbuhnya. Di lain sisi, bomber Vietnam, Nguyen Tien Linh, mengungkapkan bahwa pasukan Philippe Troussier telah sepenuhnya siap menghadapi timnas Indonesia. Baca juga: Timnas Indonesia Vs Vietnam: STY Punya Amunisi Baru, GBK Tebalkan Keyakinan “Dua pertandingan mendatang (lawan Indonesia) sangat sulit dan penting bagi timnas Vietnam,” ujar Tien Linh. “Namun, para pemain Vietnam merasa sangat nyaman mempersiapkan segalanya,” ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kualifikasi Piala Dunia, Vietnam Sebut Timnas Indonesia Tak Punya Gaya Bermain Jelas”, Klik untuk baca: https://bola.kompas.com/read/2024/03/16/19300068/kualifikasi-piala-dunia-vietnam-sebut-timnas-indonesia-tak-punya-gaya-bermain.

banner 336x280

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.